Usaha jenis ini telah lama dijumpai dan muncul sejak usia kecil namun tetap berkembang sampai sekarang. Bacaan yang tersedia waktu itu kebanyakan adalah komik, majalah anak-anak, novel remaja, atau karya sastra. Dari mulai permodalan, administrasi, promosi, operasional dan managemen, usaha ini bisa dijalankan oleh sekelompok orang atau remaja kalangan usia tersebut. Cobalah mengumpulkan 10 orang temanmu satu kelas kemudian secara patungan mengumpulkan modal sebesar Rp.100.000 – Rp.500.000. modal yang terkumpul tersebut digunakan untuk menyewa kios kecil, pembuatan papan nama, membeli furniture sederhana (meja, kursi, karpet, rak buku), dan terutama untuk keperluan belanja buku-buku yang akan disewakan. Selanjutnya untuk operasional, menjaga sewa buku ini dapat digunakan aturan shift, bergiliran, semua anggota penanam modal terlibat dalam menjalankan usaha.
Tips :
Untuk promosi : undanglah semua mahasiswa satu kampus sebagai target pelanggan pertama.
Produk : lengkapi koleksi pustakanya dengan buku-buku bermutu, apalagi kalau dapat menambah khazanah pengetahuan yang sedang diperlukan. Selain itu juga buku-buku seperti: komik anak-anak, teknologi, karya sastra jurnal, majalah, tentang komputer, penunjang materi sekolah, text book, kumpulan soal-soal ujian sekolah dan soal-soal ujian masuk perguruan tinggi, dan lain-lain.
Dekorasi : buatlah senyaman dan semenarik mungkin. Apabila memungkinkan cobalah untuk menggunakan ruang salah satu anggota pemodal.
Saat mendapatkan giliran menjaga kios bisa juga diselingi dengan mempelajari materi pelajaran kuliah, atau mengerjakan tugas-tugas studi.